Cara Jitu Memasang Sendiri Wallpaper dinding di Rumah

Melihat berbagai motif wallpaper yang kini banyak dipasang di dinding rumah-rumah, maka akan membuat Anda tertarik untuk mencoba memasang wallpaper dinding pada rumah Anda. Berbagai motif wallpaper dinding disediakan oleh penjual wallpaper dinding untuk memenuhi permintaan dari konsumen. Motif-motif tersebut bisa dipilih sesuai dengan selera Anda. Akan tetapi dalam memilih motif wallpaper sebaiknya juga disesuaikan dengan desain rumah dan ukuran ruangan yang akan dipasangi wallpaper dinding.

jual-wallpaper-dinding

Jika Anda berminat untuk membeli wallpaper dinding, pastinya yang akan terpikirkan oleh Anda adalah cara memasang wallpaper tersebut pada dinding rumah. Pada saat membeli wallpaper dinding, biasanya penjual wallpaper dinding juga menawarkan jasa pemasangan wallpaper pada dinding rumah Anda. Akan tetapi jika Anda berkeinginan untuk memasang sendiri wallpaper tanpa menggunakan jasa yang ditawarkan oleh jual wallpaer dinding maka berikut ini cara-caranya.

  1. Menyiapkan peralatan
    Sebelum memasang wallpaper dinding, siapkanlah terlebih dahulu peralatan yang dibutuhkan diantaranya pensil, cutter, meteran, penggaris, benang dan pemberat, tangga, roller, kape, amplas, kuas, spons, tempat lem dan plastik untuk alas. Selain itu tak lupa persiapkan wallpaper yang akan dipasang dan juga lem dari jual wallpaper dinding sesuai dengan jenis wallpaper tersebut. Untuk lem yang akan digunakan siapkanlah dengan kekentalan yang berbeda. Lem yang lebih kental digunakan untuk memasang wallpaper bagian pinggir dan sambungan. Sedangkan untuk bagian tengah wallpaper bisa menggunakan lem yang tidak terlalu kental.
  2. Pengukuran
    Ukurlah terlebih dahulu panjang dan lebar dinding yang akan Anda tempeli wallpaper dan sesuaikan dengan ukuran wallpaper. Sebaiknya tambahkan sekitar 1,5 cm ukuran wallpaper sebagai sambungan.
  3. Pemotongan
    Wallpaper yang telah diukur, kemudian bisa Anda potong menggunakan cutter. Pastikan untuk membaca petunjuk pada kemasan wallpaper agar pada saat pemotongan motifnya akan pas ketika disambung dengan potongan wallpaper lainnya.
  4. Penandaan Posisi Wallpaper
    Berikan tanda menggunakan pensil untuk bagian yang akan dipasangi wallpaper. Gunakanlah benang dan pemberat agar wallpaper yang dipasang menjadi lebih lurus dan rapi.
  5. Pengeleman
    Jika bidang yang akan ditempeli wallpaper telah selesai diberi tanda, untuk selanjutnya Anda bisa membersihkan terlebih dahulu permukaan dinding agar lebih bersih dan kering sehingga akan memudahkan wallpaper menempel pada dinding rumah Anda. Selanjutnya Anda bisa menyapukan lem menggunakan roller pada dinding yang akan ditempeli wallpaper. Gunakanlah lem yang tidak terlalu kental dan ratakan menggunakan roller secara perlahan.
  6. Pemasangan Wallpaper
    Tempelkanlah wallpaper yang telah Anda beli dari jual wallpaper dinding pada permukaan dinding yang telah diolesi dengan lem. Lakukan dengan hati-hati dan teliti agar posisi wallapaper pas sesuai dengan tanda. Pastikan wallpaper tersebut tidak miring agar memudahkan Anda pada saat akan menyambungkannya.
  7. Proses Penyambungan
    Untuk menyambungkan wallpaper, Anda bisa menggunakan lem yang lebih kental lalu aplikasikan lem menggunakan kuas.
  8. Proses perataan
    Untuk memberikan kesan lebih rapi pada wallpaper maka ratakan wallpaper yang telah ditempelkan menggunakan penggaris akrilik. Dalam proses perataan ini diharapkan tak ada bagian wallpaper yang menggelembung serta guntinglah bagian wallpaper yang tersisa. Bersihkan sisa lem wallpaper menggunakan spons agar tidak membekas pada dinding.
  9. Finishing
    Setelah wallpaper terpasang semua, maka selanjutnya Anda bisa melakukan tahap finishing. Pada tahap inilah Anda harus mengecek setiap bagian wallpaper untuk memastikan wallpaper telah berhasil dipasang dan terkesan rapi.

Itulah penjelasan mengenai cara jitu memasang sendiri wallpaper dinding di rumah Anda. Cara memasang wallpaper yang telah dijelaskan diatas, diharapkan dapat memberikan informasi bagi Anda yang ingin mencoba memasang sendiri wallpaper dinding rumah.

Pada saat membeli wallpaper pada penjual wallpaper dinding seperti greenwallpaper.co.id sebaiknya tanyakanlah petunjuk pemasangan dan mintalah trik agar wallpaper dapat terpasang sempurna.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.