Cara Membuat Jalur Evakuasi Yang Baik

Untuk membuat jalur evakuasi ? biasanya untuk memenuhi akreditas, terutama akreditas yang sering belakangan ini adalah untuk di peskesmas atau perusahaan. Mungkin salah satu perturan yang menjadi dasar harus di adakannya rambu jalur evakuasi adalah undang-undang no 28 tahun 2012 tentang bangunan gedung juga peraturan pemerintah no.36 tahun 2005 tentang bangunan gedung.

cara membuat jalur evakuasi yang baik

Adapun kriteria atau syarat rambu jalur evakuasi yang harus memenuhi kriteria berikut :

  • Jalur evakuasi harus menuju langsung ke ruangan yang terbuka dan aman yang di beri penanda yang jelas dan mudah di lihat
  • Jalur evakuasi harus di berikan penerangan yang bagus
  • Jalur evakuasi harus terhindar dari barang atau benda yang bisa membahayakan orang untuk melewatinya
  • Harus bersih di jalur evakuasi sehing tidak menghalangi gerak, dan juga dapat di kunci
  • Jika dalam keadaan panik pintu darurat mudah untuk di buka dengan searah jalur evakuasi yang menuju titik kumpul
  • Pintu darurat harus di lengkapi dengan pintu otomatis
  • Pintu darurat harus di bedakan dengan bangunan lainnya dengan cara mengecat dengan warna yang mencolok

Mudah – mudahan di tempat anda sudah di buatkan jalur evakuasi minimal mendekati ketentuan yang di atas. Jangan sampai terjadi rambu evakuasi anda mengarah ke pintu yang terkunci susah di buka atau jalan buntu.

Cara Membuat Jalur Evakuasi

Caranya sangat mudah ini bisa di lakukan di rumah anda jika perlu ,

Jalur evakuasi di buat dari bahan acrylic atau foam dengan ukuran yang kira-kira 30 x 12 cm. Untuk penandanya anda bisa menggunakan stiker yang warnanya mencolok seperti stiker fospor.

Pertama kali yang harus anda tentukan adalah faktor ruangan atau gedung yang akan anda buatkan jalur evakuasi. Tentukan berapa titik dan dimana saja anda akan memasang jalur evakuasi. Lalu tentukanlah dimana kira-kira anda akan memasang titik berkumpul dan berapa titik berkumpul yang akan Anda sediakan.

Setelah anda sudah mempunyai perhitungan nya maka anda tinggal mencetak logo jalur evakuasi lalu berapa buah arah kakan dan berapa buah untuk arah kiri, lalu tinggal anda tempelkan saja stiker tersebut kepada acrylic, jika anda bingung untuk mendapatkan acrylic secara eceran anda tinggal ke toko yang menyediakan acrylic. Karena acrylic dalam ukuran ½  atau ¼  cukup untuk membuat jalur evakuasi kira – kira sampai 10 buah dan 1 untuk tempat berkumpul. Mengenai ukurannya anda bisa tentukan sendiri. Untuk teknik pemotongan acrylic bisa menggunakan gerinda, gergaji besi atau kater khusus, jika anda inginkan hasil yang sempurna anda bisa melakukan pemotongan denga cutting laser karena itu lebih rapih dan bisa juga memodifikasi bentuknya supaya sudut – sudut nya tidak tajam jika tajam itu bisa mencerdai orang lain.

Jika anda membutuhkan jalur evakuasi dengan berbagai macam anda bisa lihat situs kami disini.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.