Opini: Minimnya Tanda Penunjuk Jalan di Tempat Wisata

Saya pernah berkunjung ke suatu tempat di Jawa Tengah yang boleh dibilang sangat baru bagi saya sebab itu adalah kunjungan pertama saya di tempat tersebut. Namun posting ini tidak saya tujukan untuk spesial berbagi cerita perjalanan. Dengan ini saya hendak beropini walau mungkin saya tidak terlalu pandai dalam hal bertukar pikiran namun tetap akan saya coba.

Jadi begini, waktu itu saya mendatangi salah satu taman budaya dengan area yang lumayan luas. Tempat ini memiliki sejumlah gedung yang letaknya terpisah. Ada pun yang saya ingat waktu itu ada balai utama / pendopo, ruang pameran, dan perpustakaan. Pendapat saya -secara subjektif tempat ini sangat nyaman nan segar. Pepohonan rindang nan asri berdiri membentuk deretan hijau di tiap sisi gedung.

Sayangnya di sana saya kebingungan. Mungkin karena saya memang tak mengenal arah. Tetapi (kalau boleh menyalahkan) di lingkungan tersebut sangat minim tanda penunjuk jalan. Padahal untuk menuju gedung tentu ada banyak rute bercabang dan memutar. Absennya penunjuk jalan seperti itu tentu menyulitkan pengunjung ketika akan mendatangi ruang yang mereka inginkan.

Nilai minus kembali muncul saat saya singgah di mushola. Ternyata tanda arah kiblat juga tidak dipasang. Kepada sobat pembaca saya sudah menceritakan kalau saya ‘buta arah’ disana. Kebingungan saya semakin menjadi  ketika saya juga tidak menemukan posisi pengimaman karena mushola yang ada memang dibuat seadanya dalam bentuk ruang sepetak. Akhirnya saya coba keluar menengok posisi matahari. Setelah saya cukup yakin harus menghadap kemana, saya pun segera menunaikan sholat ashar.

Masukan dari saya untuk kasus seperti ini sebaiknya setiap tempat wisata segera melengkapi  tanda penunjuk jalan supaya tidak menimbulkan kesulitan bagi pengunjung. Saya rasa biaya pengadaan signage tidaklah mahal.

Sebelum saya menulis artikel ini saya sudah melakukan sedikit riset dengan mengunjungi salah satu website produsen rambu yang ada di Indonesia. Dari informasi yang saya dapatkan di Gosign.co.id (si Produsen Signage) saya menemukan bahwa ternyata di tempat mereka menawarkan pembuatan tanda / rambu dengan harga yang sangat terjangkau. Selain  mereka juga siap melayani secara lengkap mulai dari proses desain hingga dicetak.

Penyedia jasa seperti sesungguhnya bisa menjadi jawaban bagi pengelola tempat wisata untuk membuat tanda penunjuk jalan. Saya berharap kedepannya seluruh tempat wisata di tanah air dapat benar – benar memperhatikan kemudahan berekreasi dan kenyamanan pengunjungnya.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.