Keunggulan Sekolah Internasional

Sebagai orangtua mencari sekolah yang berkualitas bagi anak merupakan hal yang sangat penting. Meskipun setiap sekolah merupakan tempat bagi seorang siswa untuk menuntut ilmu dan mengembangkan potensi diri, namun sekolah berkualitas lebih menjamin akan kemudahan bagi siswa untuk mendapatkan smeua itu. Salah satu contoh sekolah berkualitas adalah international school di jakarta selatan. Sekolah internasional tersebut merupakan sekolah yang lebih baik bagi siswa dibandingkan dengan sekolah nasional.

Beberapa perbedaan antara sekolah nasional dan sekolah internasional antara lain :

  1. Perbedaan Kurikulum

Pada sekolah nasional kurikulum yang digunakan adalah kurikulum berbasis kompetensi yang diperbaharui. Sebenarnya perubahan kkurikulum berbasis kompetensi pada sekolah nasional juga mengacu kepada sekolah internasional. Setelah dilakukannya studi banding yang dilakukan oleh para pendidik dari berbagai lapisan ke negara Austalia pada tahun 2014, diambil kesimpulan bahwa sistem kurikulum dari negara tersebut merupakan sistem pendidikan yang lebih cepat membuat siswa menjadi memahami akan materi yang disampaikan dan siswa bisa mengeksplorasi diri mereka untuk menemukan sesuatu yang baru.

Keunggulan Sekolah Internasional

Di sekolah internasional kurikulum yang iterapkan sudah merupakan kurikulum baku yang berstandar internasional. Lebih mengacu kepada pengembangan siswa untuk beberapa mata pelajaran saja. Selain itu pelajaran yang diterima oleh seorang siswa di sekolah internasional lebih sedikit jika dibandingkan dengan materi pelajaran yang diterima oleh siswa di sekolah nasional.

  1. Perbedaan waktu ulangan

Pada sekolah nasional saat akan memasuki musim ujian, biasanya para tenaga pendidik akan menyiapkan ulangan untuk setiap mata pelajaran yang ada. Hal ini yang menyebabkan terjadinya ulangan yang dilakukan dalam sehari melebihi kapasitas kemampuan siswa. Siswa tidak bisa meminta seorang guru untuk me-reschedule jadwal ulangan. Bayangkan saja jika dalam satu hari siswa mendapatkan lima mata pelajaran, maka bisa memungkinkan bahwa siswa akan mendapatkan paling sedikit tiga mata pelajaran. Tentu saja hal ini akan membuat jadwal istirahat seorang siswa akan menjadi lebih sedikit karena dia harus mempersiapkan diri untuk menghadapi ulangan yang akan dilaksanakan keesokan harinya.

Berbeda jika anda melihat di sekolah internasional. Dengan jumlah mata pelajaran yang lebih sedikit, maka otomatis siswa akan melakukan ulangan tidak sebanyak siswa pada sekolah nasional. Selain itu juga pada sekolah internasional ini seorang guru akan melaporkan jadwal kegiatan mengajarnya sehingga seorang kepala sekolah mengetahui secara pasti dan memastikan agar siswa tidak terbebani dengan materi pendidikan yang berlebihan.

Bagaimana ayah dan bunda, sekolah yang manakah yang ingin dijadikan untuk tempat bagi buah hati anda menuntu ilmu?

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.